Rabu, 21 Desember 2016

Teori Pembelajaran Inquiry - Belajar Dan Pembelajaran PLS

Teori Pembelajaran Inquiry

Model pembelajaran inkuiri ini didorong oleh sifat ingin tahu dan keinginan memahami sesuatu ataupun menyelesaikan masalah.
Model pembelajaran inquiry terbagi atas dua model yaitu :
a.          Inquiry Deduktif
Inkuiry deduktif adalah model inkuiri yang permasalahannya berasal dari guru. Siswa dalam inkuiri deduktif diminta untuk menentukan teori/konsep yang digunakan dalam proses pemecahan masalah.
     b.      Inquiry Induktif
Inkuiri induktif adalah model inkuiri yang penetapan masalahnya ditentukan sendiri oleh siswa sesuai dengan bahan/materi ajar yang akan dipelajari.

Keunggulan dan Kelemahan Dari Model, Strategi, dan Metode, Pembelajaran Inquiry
Ø  Keunggulan
·         Memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka
·         Dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman
·         Menekankan kepada pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor secara seimbang,  sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna.
·         Pembelajaran menjadi lebih hidup serta dapat menjadikan siswa aktif
·         Memungkinkan siswa belajar dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar
Ø  Kelemahan
·         Sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
·         Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
·         Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang
·         Selama criteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka startegi ini akan sulit diimplementasikan



pelajarai lebih banyak ----> pembelajaran INQUIRY open


1 komentar:

Tugas | Fakta dan Esensi Sila Pancasila

Fakta dan Esensi Sila Pancasila Pancasila yang terdiri atas lima sila pada hakikatnya merupakan suatu filsafat. Pengertian sistem fils...