Teori Pembelajaran Inquiry
Model pembelajaran inkuiri ini didorong oleh sifat ingin tahu
dan keinginan memahami sesuatu ataupun menyelesaikan masalah.
Model
pembelajaran inquiry terbagi atas dua model yaitu :
a.
Inquiry
Deduktif
Inkuiry deduktif adalah
model inkuiri yang permasalahannya berasal dari guru. Siswa dalam inkuiri deduktif diminta untuk menentukan teori/konsep
yang digunakan dalam proses pemecahan masalah.
b.
Inquiry
Induktif
Inkuiri induktif adalah model inkuiri yang penetapan masalahnya ditentukan sendiri oleh siswa sesuai dengan bahan/materi
ajar yang akan dipelajari.
Keunggulan
dan Kelemahan Dari Model, Strategi, dan Metode, Pembelajaran Inquiry
Ø Keunggulan
·
Memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka
·
Dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar
modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman
·
Menekankan kepada pengembangan aspek kognitif,
afektif, dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna.
·
Pembelajaran menjadi lebih hidup serta dapat menjadikan siswa aktif
·
Memungkinkan siswa belajar dengan memanfaatkan berbagai jenis sumber belajar
Ø Kelemahan
·
Sulit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa.
·
Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan siswa dalam belajar.
·
Kadang-kadang dalam mengimplementasikannya,
memerlukan waktu yang panjang
·
Selama criteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran,
maka startegi ini akan sulit diimplementasikan
pelajarai lebih banyak ----> pembelajaran INQUIRY open
pelajarai lebih banyak ----> pembelajaran INQUIRY open
wuihhhh wuihhhh
BalasHapusmantap sekali
Supplier Tas Terbesar