Kamis, 19 Oktober 2017

UTS Hubungan Masyarakat - Opini dalam Berita

HUBUNGAN MASYARAKAT

UTS HUBUNGAN MASYARAKAT
Rezda Bunga Cempaka


1.      Berita Online



BANDUNG,(PR).- Ribuan pengemudi angkutan bebasis aplikasi yang memadati kawasan Gedung Sate hanya menuntut pemerintah untuk mengakui legalitas mereka selama ini. Mereka pun meminta pemerintah segera mengeluarkan kebijakan terkait angkutan berbasis aplikasi di Jabar.
2.      Kerangkan Berfikir
Menganggapi berita di atas saya beropini tentang para supir ojek online sebaiknya dibicarakan dengan baik baik pada pihak yang bersangkutan, dengan menggelar aksi damai danmengumpulkan dari masing masing bebebrapa perwakilan angkutan umum dan ojek online itu sendiri ditambah dari pihak dinas pergubungan kota Bandung. Karena kalau dibiarkan saja hanya peringata dan wacana seperti bulan bulan sebelumnya, maka akan mendapatkan reaksi yang sama tanpa adanya keputusan yang jelas. Mengakibatkan hanya merugikan pihak yang demo (ojek online) dan pemerintahan itu sendiri. Didalam aksi demo ajek online ini 50%nya juga yang bekerja adalah mahasiswa. Mereka juga ikut turun untuk memprotes adanya ketidak lanjutan dari dinas perhubungan yang tidak segera memberi kepastian tentang hak melegalkan angkutan online. Miko Ramadani Manopo menyatakan lebih diuntungkan saat memilih menggunakan transportasi online sebagai sarana menuju kampus atau lokasi lainnya. Selain murah, Miko menyebut kenyamanannya pun bisa dirasakan dan waktu yang digunakan lebih efisien ke mana-mana lebih nyaman. Kalau misalnya saya lagi buru-buru terus pakai angkot kan tidak bisa buru-buru. Kadang mengetemnya lama. Malah pernah saya telat dan ditolak masuk kelas oleh dosen. Kalau pakai ojek online, lebih efektif. Kalau macet bisa pakai jalan tikus (jalan alternatif).
3.      Target
Dalam aksinya para sopir transportasi daring tersebut menuntut kejelasan aturan dari pemerintah daerah terkait regulasi transportasi online di Provinsi Jawa Barat. Jadi target dalam berita ini sudah jelas untuk siapa aksi demo ojek online disampaikan, dan tentunya tak lupa sasaran target juga untuk pemerintah dan masyarakat.
4.      Kelebihan
Kelebihan dari aksi demo ojek online ini adalah untuk menuntut agar mereka para ojek online di izinkan beroperasi seperti transportasi pada umumnya. Mereka berani datang beramai ramai dengan tidak demo yang anarkis, tetapi demo yang secara baik-baik, menggunakan spanduk untuk sebagai media tambahan menuangkan keluh kesah mereka para ojek online. Dan aksi solidaritas mulai dari cabang cabang ojek online yang bersatu untuk menggabungkan pendapat mereka. Nah kelebihan dari ojek online sendiri adalah mereka lebih efektif dan efisien, masyarakat sebenarnya banyak yang mendukung adanya ojek online karena memudahkan mereka untuk perpergian. Tak hanya itu, tambahan fitur seperti go food, go car, go clean, dan sebagainya menarik bagi masyarakat yang mempunyai manfaat lebih untuk membantu dalam order apapun denga harga yang terjangkau.
5.      Kekurangan
Kekurangan dalam aksi demo ojek online ini adalah menurut saya ada dua, dari pihak pemerintah sendiri dan dari pihak anggota ojek online yang tergabung. Dari pemerintah sendiri saya merasa tidak ada tindak lanjut untuk menangani kasus demo tentang transportasi dari tahun ke tahun, mereka (pemerintah/dinas perhubungan) tidak tegas dalam mengambil keputusan. Dan untuk dari pihak ojek onlinenya sendiri kekuranganya adalah mereka tidak memiliki hak izin menjadi alat transportasi pada umunya. Untuk masalah demo juga, mestinya langsung saja pihak atasan ojek online meminta kerja samanya, walau sudah sering memprotes begitu dari pemerintahanya sendiripun masih merespon sama saja tidak ada peningkata dalam masalah ini. Kemudia dari aksi demo ini hanya membuang waktu juga, lebih baik dimanfaatkan saja untuk tetap beroperasi, dan malah menimbulkan pancingan aksi aksi lain seperti angkotan umum yang tidak setuju adanya ojek online.
6.      Saran Perbaikan
Jadi saran dan pebaikan ini menurut saya adalah seperti penjabaran yang saya tulis diatas. lebih baik pihak online dan transportasi umum dijadikan satu aja, artinya bahwa dengan bekerja sama akan terjadi keuntungan dari pihak manapun, dengan melihat dari oprasionalnya dan jadwal kerjanya serta penggunaan sebagai layanan masyarakat, tidak ada salahnya ojek online dilegalitaskan dan bergabung dengan angkutan umum biasa, tapi dengan kuota yang sesuai dengan yang dibutuhkan supaya adil dan adanya timbal balik yang positif. Dan dari masyarakat juga pengguna tidak akan merasakan keresahan karena hal tentang ojek online dan transportasi umum ini bekerjasama sesuai yang diharapkan.

Sumber : www.pikiran-rakyat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas | Fakta dan Esensi Sila Pancasila

Fakta dan Esensi Sila Pancasila Pancasila yang terdiri atas lima sila pada hakikatnya merupakan suatu filsafat. Pengertian sistem fils...